Kamis, 06 Februari 2014

Contoh Drama Berikut Analisis Drama nya Bagian 1

Antara Tahta& Cinta

Di ceritakan ada seorang laki laki bernama bapak Anton.Dia adalah seorang pengusaha kaya raya, namun sifatnya tamak dan sombong. Dia pun memiliki keluarga.Singkat cerita dia berencana untuk mencalonkan diri sebagai gubernur daerah. Dia menghalalkan segala cara agar bisa terpilih menjadi gubernur.

Bapak Anton   : Hallo,gimana kamu sudah urus administrasinya? Lalu bagaimana dengan uang                               ke masyarakat, sudah kamu sampaikan?
Ari                   : Sudah pak semua sudah saya urus.Tapi...
Bapak Anton   : Tapi apa?!!!
Ari                   : Tapi ada beberapa warga yang tidak mau menerima uang itu pak
Bapak Anton   : Alaahh pokoknya saya tidak mau tahu saya harus memiliki banyak suara, karena itu                       yang bisa bikin saya terpilih.. Kamu tidak becus mengurus yang begini saja! saya pecat                    kamu!!!
Ari                   : Ampun pak,baik akan saya usahakan.

            Disaat pak Anton selesai menghubungi seseorang, datanglah seorang anak perempuan dan laki-laki yang tak lain adalah anak pak Anton. Pak Anton memiliki istri dan 3 orang anak, istri pak Anton bernama Indri, anak pertama adalah Azmi, anak kedua Laura dan anak bungsunya Lathif.

Laura               : Papaahhh, belikan aku hp baru, hp yang ini sudah jadul liat tuuhhh!!
Bapak Anton   : Sudah ni ni ni uangnya kamu ambil, silahkan kamu beli hp sepuas kamu kalau perlu                        kamu borong semua...
Laura               : Uumm Thanks yah... papah emang paling hebat
Bapak Anton   : Oya tentu dong terlebih lagi papah akan jadi pemimpin daerah ini.. lalu kamu mau apa                   Lathif, ayo bilang saja nihh uangnya.
Lathif              : Ahh tidak pah aku nggak menginginkan apa apa
Ibu Indri          : Ahhh dasar , ya sudah untuk ibu saja.. lumayan untuk shoping ke mall bareng ibu ibu                     PKK.
Azmi               : Assalamu'alaikum ada apa ni ribut ribut?? hey bukannya kalian mau pergi ke sekolah?
                          Udah siang nihh kakak juga harus pergi ke kampus.                                   
Bapak Anton   : Ayo cepet cepet kalian berangkat sana.. oiya jangan pake mobil itu..
                          nihh sana beli mobil baru, Mah nanti bareng sama anak-anak ya beli mobil baru yang                      paling mewah..
Ibu Indri          : Waahhh papah  baik banget siihhh
Azmi               : Pah, buat apa beli mobil baru, mobil yang lama juga masih bagus di gunakan, jangan                      menghambur-hamburkan uang pah, lebih baik uang itu disedekah kan saja
Bapak Anton   : Kamu tau apa sih tentang uang hah!!! uddaah tugas kamu tuh cuma pake uang itu dan                   kamu tidak perlu menceramahi papah!!!
Laura               : Tahu ni kakak jangan kepo deh..ya sudah kami berangkat dulu ya pah,
Ibu Indri          : Kalian hati hati.

Mereka pun berangkat ke sekolah, dan bapak Anton bersama istrinya pun melanjutkan pembicaraan tentang pemilihan itu.
Di lain tempat Lain, Laura dan teman temannya membicarakan sesuatu hal.

Teman Laura1 : Laura,Loe yakin bokap loe pasti menang?
Laura               : So pasti lah,secara gitu bokap gue kan kaya raya apa sih yang nggak bisa bokap gue                       lakuin..
Teman Laura2: Nah kalau bokap loe suatu saat ngga kaya lagi gimana tuhh?
Laura               : Bangkrut maksud loeh? hah kelaut aja kali.hari  gini punya bokap miskin, gak level!!
Teman Laura1: Dasar loe kualat baru tau rasa. Eh udah waktunya masuk kelas nihh ayo..sekarang kan                    pelajaran matematika si bapak kejam itu.
Laura               : Hello..ngapain sih cape cape belajar mending kalian ngerti ni malah tambah bego.udah                   deh gua males banget nih di tambah gurunya rese abiz. Mending kita shoping ke mall                      yuuk..gue yang teraktir hari ini..
Teman Laura2 : Hah siapa takutt,ayooo..hahaha

Mereka pun pergi meninggalkan sekolah, dan malah pergi ke tempat perbelanjaan. Di lain waktu saat istirahat Lathif sedang menyendiri. Tak lama datang seorang teman menghampirinya.

Teman Lathif   : Wooyy dicariin kemana mana taunya diem disini.ngelamun aja loe.. ada apa kawan?                      ceritakanlah,tumpahkanlah semua kesedihanmu.biar ku sandarkan pundak ini untukmu
Lathif              : Ihhh apaan sih lebay deh, wahhh pantes panas...
Teman lathif    : Hahaha ya abisnya loe diem murung terus kaya tokek lagi ngeden tau nggak loe..ada                     apa sobat??
Lathif              : Gua lagi mikirin Keluarga gua bro. Terutama bokap gua. Gua ngerasa tambah nggak                      nyaman dengan keadaan di rumah.
Teman Lathif   : Apa lagi sih bro secara gitu loe hidup enak. Loe anak orang kaya, bokap loe calon                          penjabat, hidup loe lebih dari cukup.semua tuh pengen kaya loe tau gak.. Aneh loeh.
Lathif              : Terus gua harus bilang waww gitu, bro, hidup jadi anak calon penjabat tuh gak  seperti                  yang loe pikirin.terlalu banyak uang kotor dan gak jelas dari mananya.nggak semua bisa                  kita dapet dengan uang.
Teman Lathif   : Ya mana gua tau, mmp udahlah bro yang terpenting jalani aja hidup ini,yang terpenting                  kita ikhlas dengan semua yang terjadi dan jangan melupakan sang illahi.
Lathif              : Iya, Loe benar bro..
Teman Lathif   : Nahh gitu dong cumungut.. ke kantin yu cabut haus nihh
Lathif              : Woyy kaleng kerupuk! Inget bro puasa..
Teman Lathif   : Nggak kuat boss auss...
Lathif              : Haaaah gaya loe dah kaya ustad arab, iman loe segede upil
Teman Lathif   : Hehehe  yang penting Xenxasional.. udah ahh ayoo..
Lathif              : Uuuu kupret!!

Lathif pun pergi bersama temannya ke kantin.

Di lain tempat azmi sedang menyelesaikan tugas kuliahnya. Tiba-tiba datang lah seorang lelaki menyapa azmi.

Hari                 : Assalamualaikum, sendiri aja ? kalau ga salah kamu anak kedokteran yah ?
Azmi               : Waalaikum salam, iya kamu siapa ?
Hari                 : Oh iya kenalin aku hari anak fikom, boleh ikut duduk ? Sekaligus ngabuburit bareng
azmi                 : Oh tentu saja ngomong ngomong puasa gak nih?
Hari                 : Ya iyalah setengah hari hehe
azmi                 : Ah dasar
hari                  : Sibuk nih ?
Azmi               : Lumayan tapi hampir beres ko
hari                  : Yah padahal tadinya aku mau bantu, mmmp oh iya aku boleh minta no mamah kamu ?
Azmi               : Hah ? Buat apa ? jarang banget ada laki laki yang minta no mamah aku
hari                  : Aku cuma mau bilang terimakasih banyak karena  udah ngelahirin wanita secantik                         kamu
Azmi               : Idiih gombal banget
Hari                 : Hahaha tak apalah, mmp jalan yuuu udah mau  buka kita cari makanan
Azmi               : Boleh..bentar ya aku siap siap dulu..

            Azmi pun sudah merasa nyaman dengan Hari, lalu mereka pergi untuk mencari makanan untuk berbuka puasa . Dan akhirnya mereka berbuka puasa bersama .

Azmi               : Gimana har enak makannya ?
Hari                 : Enak alhamdulilah , kamu gimana ?
Azmi               : Iya biasa sih soalnya aku udah sering kesini .
Hari                 : Udah malem nih, pulang yu ? Aku anterin kamu ke rumah kamu deh .
Azmi               : Aduh gimana takut ngerepotin nih
Hari                 : Gabaik loh kalo cewe jalan malem sendirian
Azmi               : Gabaik juga tau cewe sama cowo jalan berduaan malem malem
Hari                 : Ah bener juga, ya sudah kalo gitu hati-hati juga yah . Sampai ketemu besok.                                   Assalamu'alaikum
Azmi               : Walaikumsalam Hari

-Laura dan Latif baru pulang dari sekolah.
-Dirumah Laura dan Latif

Bp.Anton        : Kalian dari mana saja sih? Jam segini baru pulang.
Laura               : Kan kita baru abis shoping pih hahaha
Ibu Indri          : Aduh anak ibu baru pulang, pasti cape,, nih minum dulu .
Bp.Anton        : Terus apa yang kamu beli latif ??
lathif                : Engga pahh maless ahhh nih aku balikin uangnya
Bp.Anton        : Dasar kamuu nak yang tis bersyukurrrrrrr !!!!!
azmi                 : Assalamualaikum azmi pulangg...
Ibuu indri        : Dari mana kamu azmi ?
Azmi               : Habis buka bareng sama temen mahh
ibu azmi           : Siapa ?
Azmi               : Namanya hari mahh..
Laura               : Hahhh..... hari yang artis yang itu ya ? Yang ganteng ituuu ?
Azmi               : Mungkinnn...
laura                : Akhhhh... dasar kakak..ya udah mah pah, aku ke kamar dulu yahh, cape mau istirahat..
lathif                : Iya pahh aku juga, malemm semuanya..
azmi                 : Pahhh.. gimana soal pemilihan itu ?
Bp.anton         : Papah juga gak tau, stress mikirinnya.
Azmi               : Ya sudah lah pahh... kalaupun nanti tidak terpilih mungkin belum saatnya..
Bp.anton         : Wahhhh... gak bisa gitu dongg !!! pokoknya papah harus terpilih jadi gubernur, rugi                       dongg papah sudah banyak mengeluarkan uang pelicin sana sini. Gak kebayang kayak                     gimana kalau papah gagal.
Azmi               : Anggap itu sedekaah saja pah...
Bp.Anton        : Alahhh kamu tau apah sihh tentang sedekah, tak usah lah kamu menggurui papah ini,                    yang kamu perlu tau tuh gimana cara makan, tidur, dan menggunakan uang, sudah                           sana kamu masuk kamar.
Azmi               : Iya pahh, assalamualaikum....

Azmi pun masuk kamar sambil memasang wajah sedih akan sifat papahnya. Saat itu ibu indri bicara berdua dengan papahh anton di ruang tamu.

Bp. Anton       : Paahh,, papah yakin menang lusa besok. Lusa besok kan mulai pemilihan..
bp indri            : Yakin dong mah, terlebih lagi papah kan sudah mempunyai pegangan suara dari rakyat                  yang sudah di beri buruh.
Bu indri           : Awas ajahh kalo papah nggak sampai kepilih, kita bisa jatuh miskin pah..
bp anton          : Sudah tenang mahh, masalah bagian kantor sudah papah urus juga.
Bu indri           : Ya sudahlah pahh, kita istirahat saja..

Keesokan harinya,,,

Bp. Anton       : Azmi, kemari sebentar nakk..
Azmi               : Iyah ada apa pahh??

Bp. Anton       : Papah mau nanya soal temen kamu yang semalam. Kamu kenal dengan yang namanya  hari itu??
azmi                 : Iyahh pah, lalu ada apa??
Bp.Anton        : Papah mau mengundang temen kamu itu kerumah hari ini.. kamu bisa kan??
azmi                 : Insya Allah yah pahh.. emang ada apa pahh?
Bp. Anton       : Ada yang perlu papah bicarakan dengan dia.

Azmi pun segera menghubungi hari. Tak lama kemudian hari pun datang kerumah.

Hari                 : Assalamualikum..
Bp. Anton       : Iyah waalaikumsalam. Iyah silahkan masuk.
Hari                 : Baik pa.
Bp. Anton       : Kamu yang bernama hari penyanyi yang terkenal itu??
Hari                 : Iyah pa, maaf bapak ada perlu apa yah dengan saya??
Azmi               : Hahhh.. jadi itu benar kamu itu seorang penyanyi terkenal??
Hari                 : Iyah mi, maaf yah aku belum sempat bilang sama kamu..
Bp. Anton       : Okay begini nak.. Bapak perlu bantuan kamu untuk mempromosikan bapak sebagai                       calon gubernur. Karena bapak yakin kalau kamu mempromosikan, akan banyak orang                      yang akan memilih bapak. Dan kamu akan dibayar mahal..
Hari                 : Maaf pak, bukan saya tidak mau. Tapi itu bukan profesi saya. Saya tidak mau ikut                      
campur dengan masalah politik.
Bp. Anton       : Tapi ini bisnis besar. Dan kamu akan ikut lebih terkenal dari yang sekarang.
Hari                 : Sekali lagi maaf pakk, saya tidak bisa.
Bp. Anton       : Alaaahhhh kamu.. sombong banget sih baru jadi artis terkenal aja, lagamu sudah besar.
Bodoh tolol goblooggg kamuu..
Azmi               : Sudahlah pah, kalo hari tidak mau jangan dipaksa. Kita kan tidak punya hak untuk  
memaksa orang lain begitu sajah..
Bp. Anton       : Ini lagi anak tengil ikut campur saja.. sudah sana kamu masuk kamar. Pokoknya papah
tidak suka dan tidak mau kamu berteman dengan anak yang bodoh dan bego ini.. cccuuuiiihhhh..!!!!
Azmi               : Aduh maaf yah har..
Hari                 : Sudahlah mi, tidak apa apa..
Bp. Anton       : Ya sudah pergi kamu dari sini.!!
Hari                 : Baik pa saya akan pergi. Assalamualaikum.
Bp. Anton       : Dasar anak yang tidak tau diuntung.

Sore harinya diruang tamu
.
Lathif              : Pahh pahh coba liat di tv.. ada pengumuman pemilihan gubernur
Suara tv           : Pemilihan suara sudah selesai. Dan suara terbanyak dimiliki di daat oleh Bp Andre 453                 diposisi pertama. Dan kedua yaitu  Bp Sule dengan 300 suara. Dan yang terakhir Bp.                    Anton dengan 100 suara. Demikian pemilihan gubernur didapat oleh Bp Andre.
Bp. Anton       : APPPAAAAA!!!!! iiii iii iiinniii tidak mungkin terjadi.. bagaimana bisa..!!!
Bu Indri          : Ada apa sih pahh.. pagi pagi udah bikin ribut.
Bp. Anton       : Maahhhh.. papah kalah dalam pemilihan. Bagaimana ini mah..
Bu Indri          : Kok bagaimana bagaimana ke mamah sih...?? kan mamah nggak tau apa apa..
Bp. Anton       : Aduhh papah benar benar bangkrut nihh.
Suara tv           : Dan kami pun menyelidiki bahwa bapak anton terlibat kasus korupsi. Dan akan kami
tangani secepat mungkin.
Bp. Anton       : Tuh mah.. bagaimana ini. Sangat bahaya nih.
Lathif              : Ya udah pah, aku pergi main dulu.
Bu indri           : Lebih baik papah bersembunyi saat ini.
Laura               : Hahhh pappah bangkrut.... pecat saja aku menjadi anakmu pah. Pokoknya aku nggak
mau mempunyai papah yang miskin, kere, melarat, susah, hidup lagi.!!! pokoknya aku akan pergi dari rumah ini!!
Bu Indri          : Jangan pergi nak.. laauuurrrraaaaa... (pingsan)
Bp. Anton       : Mahh bangun mahh..,

Tak lama kemudian datang polisi lalu menggerebeg rumah pa anton.

Polisi               : Jangan bergerak anda kami tangkap atas tuduhan korupsi serta kasus suap. Segera ikut                  kami ke kantor polisi untuk dimintai keterangan.
Bp Anton        : Tapi pa............ saya tidak salah apa-apa pak..........
Polisi               : Jelaskan semua di kantor polisi


Akhirnya pak anton pun dibawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan. Dilain waktu, Azmi menerima telepon dari polisi bahwa ayahnya sedang berada di kantor polisi karena kasus korupsi

Azmi               : Apa? Ayahku sedang berada di kantor polisi? Baik saya akan segera kesana

Tiba-tiba ada yang menyekap azmi dari belakang dan ia membawanya ke sebuah gudang rahasia.
Beberapa saat kemudia azmi pun bangun tersadarkan diri.

Azmi               : Hah??? aku dimana ini?
Penculik          : Kamu sedang berada di tempat saya
azmi                 : Siapa kalian? lalu tujuan kalian menculik saya tuh apa?
Penculik          : Kamu tidak ingat siapa aku?
Azmi               : Aku tak tau, Siapa kamu?
Penculik          : Aku adalah orang yang pernah kau sakiti oleh kesombonganmu. Dan aku sekarang                        ingin meminta pertnggung jawaban atas semua perbuatanmu itu
Azmi               : Apa maksudmu? Kamu mau apa?
Penculik          : Sudah diam jangan banyak bicara (azmi ditampar)

Azmi pun berteriak menjerit untuk meminta tolong. Tak diduga hari sedang berada di daerah tersebut dan mendengar suara teriakan tersebut. Lalu hari pun bergegas mencari dimana sumber suara yang merintih meminta tolong itu. Tiba-tiba...............

Hari                 : Apa-apaan ini? (pintu pun didobrak)
Penculik          : Siapa kamu? Jangan ikut campur masalah kamia
Azmi               : Hari... tolong aku.... selamatka aku....

Akhirnya hari dan penculik itu pun berkelahi dengan sengit. Dan perkelahian Itu pun dimenangkan oleh hari. Lalu hari menyelamatkan azmi dan membawanya keluar dari tempat itu.

Azmi               : Kamu tidak apa-apakan Hari? Maaf  ya gara-gara aku wajahmu jadi bonyok begini
Hari                 : Yasudah tidak apa-apa. Yang terpenting sekarang kamu selamat
Azmi               : Hehehe makasih banyak ya Ri. Tapi apa alasanmu sampe rela berkorban demi aku?
Hari                 : Sebenarnya.... aku... aku.. (gugup)
Azmi               : Aku apa?
Hari                 : Aku sudah lama memendam perasaan lain sama kamu. Aku ingin kamu bisa jadi orang                 special dalam hidup aku
Azmi               : Hah?! Kok bisa? Kenapa?
Hari                 : Karena aku yakin kalau kamu bisa jadi pelengkap dalam hidup aku dan aku ingin bisa                  mengabiskan sisa hidupku bersamamu. Aku ingin kamu memberikan jawaban yang                        terbaik dan sejujur-jujurnya
Azmi               : Tapi kamu gak ngelakuin ini karena hartakan?
Hari                 : Jangankan harta, tahta pun aku tak pernah lirik sedikit pun
Azmi               : Tapi maaf ri, aku gabisa.............
Hari                 : (Wajah kaget) gabisa apa ?
Azmi               : Aku gabisa nolak cinta kamu
Hari                 : Jadi kamu mau mi?
Azmi               : Iya ri
Hari                 : Terima kasih ya mi, aku tidak akan menyia nyiakanmu. I love you

Akhirnya mereka pun menjadi sepasang kekasih. Setelah itu mereka pun pergi ke kantor polisi untuk menjenguk ayahnya Azmi.

Azmi & hari    : Assalamualaikum..
Bp. Anton       : Waalaikum sallam, azmi anakku..
Azmi               : Papah, kenapa bisa ada disini, apa yang terjadi sama papah ?
Bp. Anton       : Papah ketahuan korupsi nak,,,
Azmi               : Kenapa papah bisa melakukan itu semua, kita kan tau korupsi itu dilarang oleh                             pemerintah dan agama, saddddarrrrr pahhhhh....
Bp. Anton       : Iya nakk, papah mengakui papah bersalah, maafkan papah ya nak, papah mau bertobat,                 tapi apakah taubat ku ini bisa diterima oleh allah, karena papah terlalu banyak                                   melakukan kesalahan.
Hari                 : Pintu taubat masih terbuka om, insyaallah allah akan menerima taubat om, jika om                         bersungguh-sungguh.
Bp. Anton       : Iya bapak akan bersungguh-sungguh, maafkan bapak ya nak, akrena bapak juga
banyak salah sama nak hari.

Azmi               : Alhamdulillah ya allah, engkau telah membukakan pinttu hidayah bagi nya, dan
semoga ini menjadi yang terbaik bagi kami, amin.

            Datanglah lathif dan ibu indri..

Lathif              : Pahh, jujur aku sudah lelah dengan kehidupan ini yang penuh dengan kekotoran, aku                      ingin papah berubah, walaupun sederhana, tetapi penuh dengan cinta, itu akan                                  membuat kami nyaman dan bangga menpunyai seorang papah yang seperti itu.
Ibu Indri          : Mari pah, kita rubah lagi dan bangun keluarga kita dari nol, dan mulai hidup bahagia,                    karena tidak ada kata terlambat.
Bp. Anton       : Iya mahh, papah mau.

Lanjut ke Bagian 2 yaitu Analisis Drama nya Klik Disini

Tidak ada komentar: