Sabtu, 19 Mei 2012

"Hari Pertama Prakerin"


Yah... Prakerin... Inilah salah satu kegiatan yang ada di setiap SMK. Dan di tulisan kali ini saya ingin membagi pengalaman saya, di hari pertama prakerin dan juga di hari-hari lainyya, selama satu minggu ini.
Ok... Saya juga bingung ni dari mana harus mulainya,,, emmhh.. y audah deh dari mulai pertama masuk ke perusahaan aja deh...
Ok, dimulai dari hari pertama, saya gak suka nihhh... denganyang namanya  hari petama, kenapa ? karena saya selalu berpikiran yang tidak-tidak kalo untuk soal urusan di hari pertama, maupun dalam segala hal, pkokonya persaan kemana-mana dehhh... jadi gak karuan..
Tapiiii, untungnya sebelum prakerin, di sekolahan emang diadakan dulu yang namanya “Pembekalan Prakerin”. Pembekalan prakerin itu ya.... isinya tentang bagaimana kita harus bersikap, berperilaku, tatakrama,  dan masih banyak lagi dehhhh, juga ada pengarahan-pengarahan dari beberapa perusahaan yang ada di kota bandung yang tentunya juga menjadi pasanagn institusi dengan SMKN 7 BANDUNG, pokoknya gak rugi deh kalo ikutan pembekalan prakerin, bermanfaat bangetttt....
Ok setelah tau apa-apa yang harus dipersiapakan untuk di industri, rasa takut akan di hari pertama  sedikit-sedikit  mulai hilang, tapi tetep aja masih ada rasa gerogi dan takut mah. Ok  lanjut ke pngalam nih ya.. Oh iya hampir lupa saya, saya prakerin di daerah Cikampek Karawang tepatnya di Kota Bukit Indah-kawasan industri, di perusahaaan modifikasi tepung yang udah mendunia lohhh...
Datang ke gerbang BIC atau KOTA BUKIT INDAH, nahh,, pas hari pertama kita tuh bingung mau ke perusahaan  nya naik apa... Waaktu itu kita liat2 daerah sekitar dan yah.. ada tukang ojeg yang nyamperin kita, lalu ditawarin aja sampe ke perusahaan nya, waktu itu kita berdua dengan motor dan... wowwww ongkosnya mahal bangettt, kayak ongkos mw ke bandung aja.
Udah itu kita terus lanjut naik ojeg ke perusahaan yang ada di daerah INDOTAISEI-KOTA BUKIT INDAH CIKAMPEK KARAWANG. Ehhh... ternyata pas nyampe sana kita kepagian ternyata.. tapi gpp lah, kan lebih pagi lebih baik, dari pada ntar kesiangan kan udah ngeliatin image yang jelek.. hhaha..

Lalu kita munuju ruang satpam, dan kita diambut baik oleh satpam nya, gak kayak waktu itu, hhaha... Kita ngasihin surat-surat yang dibawa dari sekolahan, dan juga ikutin tips-tips yang udah diberikan saaat pembekalan prakerin, bermanfaat bangett lo teman.. Udah gitu kita disuruh nunggu di gazebo tempat para pegawai nuggu masuk, karena kita datengnnya kepagian jadi aja kita nuggu di situ di gazebo itu.
Setelah nuggu sekitar 1 jam, kita lalu dipanggil dan disuruh masuk ke ruangan LOBBY nya, dan kita disitu disuruh mengisi data-data diri dan yahhh macem-macem deh pokoknya. Nahhh... sehabis itu kita dibawa ke bagian lab nya, yaitu LABORATORIUM QUALITY QONTROL/QUALITY ASSURANCE, dalam hati deg-degan bangettt gtw kenapa, mungkin karena baru pertama kali mungkin ya...
Dan setelah itu kita langsung perkenalan dengan karyawan-karyawan yang ada disana, karyawan-karyawan nya ternyata baik-baik loh... gak kayak yang dibayangin... hhaha... lalu setelah perkenalan dengan para karyawan-karyawan yang ada di bagian dept. QC/QA, kita dikasih pengarah-pengarahan, nahhh.. setelah dikasih pengarahan-pengarahan abis itu ada pre-test nya, yaaa... tes nyat hampir sama kayak pelajaran produktif di sekolahan... jadi gak terlalu nge blank ngerjainnya... Dan ya... mememang sih ada yang belum terisi... tapi gpp lah...
Beres dengan semua pengarahan-pengarahan dan perkenalan-perkenalan dengan para karyawannya dan juga sehabis pre-test, kita langsung dikasih skript jurnal yang harus kita pelajari.. untuk apa ?????  | ya untuk pekerjaan yang akan kita lakukan, jadi sebelum ada sampel (istilah product yang sedang incoming di perusahaan ini), kita harus mempelajari dulu prosedur-prosedur yang akan kita kerjakan, sesuai dengan lembar jawaban pada saat pre-test itu, di soalnya tertulis, “Apa yang akan anda lakukan apabila disuruh untuk analisa” yah.. jawabannya semacam itulah...
Ternyata skript nya lumayan banyak juga, jadi kita langsung aja pelajari langsung dengan praktik, jadi biar lebih gampang dimnengerti. Beres dengan belajar-belajar nya, jam istirahat pun tiba... Kita bingung, katanya disuruh makan siang dulu, tapi kan kita gak tau tempat makan siang nya dimana, terus apakah kita harus bayar atau gratis (hhehe... maunya), lalau kita tanyai aja sama salah satun pegawainya, dan kita dianter ke tempat makan  nya. Dan wowww... Ternyata banyak makanannya.. hahah... tenyata makanan itu bebas kita pilih, dan gratis untuk karyawan disini, termasuk juga kita sebagai anak “PRAKERIN”.
Sehabis beres makan siang, istirahat dulu, lalu siap-siap menuju tempat sholat. Abis beres sholat, lalu siap-siap lagi buat belajar-belajar-belajar lagi biar lebih paham prosedurnya.
Hufffttttt....
Hari pertama yang sangat mengesankan dan penuh dengan ilmu-ilmu yang bemanfaat yang tidak dipelajari disekolahan... Nah inilah keuntungan kalau kita sedang “PRAKERIN”, ilmu-ilmu yang dipelajari selain dari sekolahan, juga banyak ilmu-ilmu yang lainnya yang bemnafaat, karena tidak dipelajari disekolahan.....
Sekian dulu cerita-cerita hari pertama prakerin saya dan kawan saya......
Insyaallah nanti dilanjut kawan..

Tidak ada komentar: