Senin, 26 Desember 2011

Kunjungan Industri SMKN 7 BANDUNG TA.2010/2011

Di setiap smk, baik itu smk negeri maupun swasta pasti ada yang namanya kunjungan industri, nah disekolah aku juga ada nih kunjungna industri, tepatnya di smkn 7 bandung. Kunjungan industri ini bertujuan agar siswa-siswi smk lebih mengenal dunia indutri itu seperi apa, meskipun hanya sebatas mengunjungi saja, begitu kalau gak salah kata guru saya, eh tapi disini saya gak akan ngebahas yang apa itu kunjungan industri atau semacamnya. Disini saya akan bercerita tentang pengalaman saya nih waktu kunjungna industri.

PIN KUNJUNGAN INDUSTRI

Di smkn 7 bandung memang rutin mangadakan kunjungna industri, dan yang akan berangkat adalah tingkat 1 atau tepatnya kelas 1, kunjungan industri tahun ajaran 2010/2011 diadakan pada tanggal 18-19 mei 2011, tepatnya 2 hari 1 malam, kunjungan industri menurut saya sangat berkesan, karena banyak pengalam yang saya dapet disana, pokoknya puas banget dah...
Pemberangakatan dimulai pukul 4 shubuh, kenapa pagi2 udah berakngat ya ? ya karena supaya agar tiba di tempat industri tepat waktu, karena kunjungan industri ini rata-rata tempatnya berada di daerah cileon banten yang membutuhkan waktu lumayan lama juga sih, mungkin sekitar 10 jam kali ya.

Nahh, Ini nih yang berkesan pada kunjungan industri ini, meskipun semua siswa-siswi ikut dalam kunjungan industri ini, tapi kita di dalem bis dipisah-pisahin jadi di 1 bis itu gak semua temen kelas kita, mungkin biar bisa lebih berbaur kali ya, awalnya sih anak-anak pada risih dipisahin, tapi mau gimana lagi emang dari sekolah nya udah kayak gitu. Nah,, satu lagi nih yang luar biasa, Bis nya ternyata ada 14 bis kalau gak salah, Itu semua siswa-siswi smkn 7 bandung, gak aneh sih soalnya kan murid-murid kelas 1 aja ada 16 kelas, jadi kebayang kan banyaknya gimana. Tapi tiap bis tuh beda-beda loh tempat industri nya. Pada waktu itu aku juga kebagian di bis 6, di bis ini sih untungnya hampir 60% temen-temen kelas q semua yaitu 1 kimia industri 3 atau 1k3, tapi disini juga ada kelas analisis kimia nya, yaitu 1an2 dan 1an3, tapi kita di bis asyik-asyik aja meskipun beda jurusan, dan bis 6 ini kebagian kunjungan ke PT.STATOMER atau PT.STANDARD TOYO POLIMER, pabrik pembuat biji plastik nih. Nah tempatnya tuh ada di jl.raya merak lupa sih alamat pastinya, pokoknya ada di daerah merak yang hampir ke pelabuhan tuh, kebayang kan panasnya gimana.

SUASANA DI DALEM BUS, PADA SAAT PULANG

Setelah 1 jam perjalan, seluruh bis smkn 7 bandung berhenti di KM 97, yang katanya terkenal angker itu, tapi pemandangannya, indah bangetttt teman, jadi ilang deh rasa takut nya,,, kita berhenti disini untuk melaksankan sholat shubuh, karena perjalan dari bandung kan adzan shubuh belum berkumandang. Sekalian disini juga kita bisa foto-foto dulu kan lumayan, narsis2 dikit gpp lah,,,,

Ok,,, lanjut nih, setelah semua udah pada melaksanakan sholat, perjalanan pun dilanjutkan, tapi-tapi kok ada yang aneh ya, bis-bis yang lain, yang kunjungan industri nya ada di daerah cilegon dan sekitarnya udah pada berangkat, tapi kok bis kita belum pada berangakat, terkecuali bis-bis nya jurusan farmasi, karena jurusan farmasi kunjungan industri nya kalo ga salah ke daerah sukabumi gitu, ya, pokonya yang q tau ada yang pt.yakult dan masih banyak deh pokonya mah, ok kita lanjut topik yang tadi, setelah ditunggu-tunggu bis nya emang gak jalan-jalan, aneh kan, padahal bis kita juga kunjungnya ke perusahaan yang ada di merak, kan jauh banget tuh.

Ternyata, setelah dicari-cari infonya, katanya bis kita ini diterima diperusahhan pukul 14.00 siang, ohh,, ternyata itu loh penyebabnya, bis kita dari tadi gak pergi-pergi, yah terpaksa deh, kita nunggu sampe jam 07.30 pagi di KM 97, tapi gpp lah, bisa foto-foto dulu kan buat kenang-kenangan sekalian eksis” dikit lah, haha... sambil nunggu sarapan pagi, karena kita udah dijadwalin untuk makan pagi disisni, tapi ternyata makanan nya gak dateng” juga, udah ditelpon sana-sini katanya emang belum dateng, yahhh, terpaksa deh kita harus nuggu lagi di pemberhentian selanjutnya, tepatnya di daerah bekasi, tapi untungnya di perjalanan kita dikasih cemilan yang lumayan lah, buat ganjal perut,,,,

SUASANA DI DALEM BUS DI KM 97

IT'S MY FRIEND NOT ME

Sesampainya di peristirahatan yang ke 2, tepatnya daerah bekasi, kita langsung disuguhi makanan, alhamdulillah perut ini gak krononcongan lagi deh,,, tapi disini kita gak nemuin anak smkn 7 bandung yang lainnya, karena bis-bis yang lain udah pada dapet makanan di KM 97, jadi gak berhenti lagi di rest area ini, yang ada disini kebanyakan yang lagi rombongan wisata dari sekolah-sekolahnya masing”, banyak yang liatin kita lagi pada makan, mungkin karena kita pake baju seragam sekolah kali ya jadi diliatin gitu.

Udah puas ngisi perut, perjalan pun dilanjutkan, seperti biasa jalan bebas hambatan yang menuju jakarta ini sellllllllalu macettttt, yah tapi untungnya kita deterima diperusahhan agak siang, jadi di perjalannya gak dikejar waktu. Sekitar pukul 12.00 kita udah nyampe lagi nih di rest area berikutnya, tepatnya jalan tol yang udah hampir membawa kita menuju merak , disisni kita mau mmenunaikan sholat dzuhur terlebih dahulu, baru dilanjutin lagi perjalnannya,,,

BIS YANG MEMBAWA KAMI MENUJU PT.STATOMER @ REST AREA MERAK

Wahhhh, ternyata disini aja panasnya udah minta ampun, gimana kalau di merak sana ya.....
Sekitar pukul 13.15, akhirnya kita nyampe juga di perusahaan, dan yah, bener banget dugaan kita disini emang panas banget,,, pokoknya gak enak deh, mungkin karena baru pertama kali ya jadi panasnya demi apa dahh. Di perjalanan menuju perusahaan, tadi kita sempet liat-liat dulu perusahaan yang ada jalan yang kita lewati, dan wawww, kita melewati perusahaan salah satunya yaitu, PT.MITSUBISHI CHEMICAL, perusahaan nya gede bangetttttttt teman,, jadi berangan-angan nih kerja di sini, ini ada beberapa foto yang sempat saya ambi

haha.. lanjut ke topik, setelah kita sampai PT.STRANDARD TOYO POLYMER, kita disuruh baris dulu sama satpam nya, gtw yah pak satpam itu kalau kita kepanasan(emang gw pikirin) gtu kali ya kata satpamnya, haha, just kiding, lanjut kita dibawa ke semacam tempat rapat kali ya, terbenak dipikiran q “apa gak pada kepanasan ya pekerja-pekerja disini”,, mungkin udah biasa kali ya,,,

PT. STATOMER DARI TEMPAT PARKIR

Disana, kita diberi pengarahan dulu, sekilas tentang sejarah perusahaan dan aturan-aturan dan yang lainnya, setelah itu kita diajak oleh masing-masing pembimbing untuk mengelilingi bagian-bagian proses di perusahaan itu, kita semua diajak untuk melihat-melihat proses pembuatan biji plastik sampai ke proses pengepakannya, wah pokonya pengalaman makin bertambah deh,,,, tapi sayang banget kita gak diperbolehan untuk foto-foto disana, katanya sih untuk mengurangi resiko kecelakaan yang mungkin bisa terjadi, oh ya disana juga ada siswa dari smkn di cilegon jurusan analis kimia yang sedang prakerin, jadi kita bisa tanya-tanya juga gimana perusahaan itu.
Setelah kita puas jalan-jalan keliling di perusahaan itu, kita melanjutkan perjalanan menuju tempat penginapan, dan di perjalanan kita dapet makan siang, sesampainya di hotel mambruk tepatnya di daerah anyer- banten.Dan wahhh, View nya bagus banget pemadangannya langsung menuju laut.

Dan, pengalaman yang tak akan pernah terlupakan, liburan dibarengi dengan kegiatan sekolah yang sangat luar biasa. Di hotel mambruk, anyer banten, disana kita main bareng-bareng, makan bareng-bareng, pokoknya pengalaman yang takkan pernah terlupakan. Tapi sayang kesenangan itu berlangsung cepat sekali.

cottage, tempat kita menginap, terdapat 2 kamar tidur, 2 toilet,dapur,dan ruang tamu, nyaman banget dehhh...

SUNSET di panati anyer, banten at hotel mambruk

SEKIAN DULU YA... POSTINGAN NYA...